Logo_zahir

Logo_zahir
Zahir

Zahir Tawarkan Software Industri Manufaktur


JAKARTA - Setiap pengusaha membutuhkan pembukuan yang baik, untuk mengetahui perkembangan bisnisnya dari waktu ke waktu. Sekaligus juga untuk mengambil keputusan guna melakukan langkah-langkah perbaikan bisnis.
"Tidak hanya perusahaan besar yang memerlukan pembukuan yang baik tapi juga usaha kecil dan menengah (UKM)," kata chairman PT Zahir Internasional, Fadil Fuad Basymeleh, dalam siaran persnya yang di terima Republika di Jakarta, kemarin.
Untuk itu, Fadil menambahkan, para pengusaha membutuhkan softwarte akuntansi yang memadai dan mudah digunakan. Berkait dengan hal itu, PT Zahir Internasional telah lebih dari 12 tahun mengembangkan software akuntansi yang terutama ditujukan untuk pasar UKM. Software itu bernama Zahir Accounting yang dipasarkan secara jual putus maupun system sewa (Zahir Merdeka)

Ia mengatakan sejak awal, Zahir Accounting tidak dirancang untuk akuntan atau ahli keuangan, namun justru untuk jajaran manajemen atau bahkan pemilik perusahaan. "Hal ini dimaksudkan agar Zahir sangat mudah dioperasikan bahkan oleh mereka yang tidak mengerti ilmu akuntansi sekalipun, sekaligus juga bisa digunakan untuk mengambil keputusan," paparnya.
Fadil menjelaskan, di antara kelebihan Zahir dari sisi teknologi antara lain adalah kemampuan dalam menyajikan berbagai data perusahaan dalam bentuk laporan, analisis maupun grafik secara otomatis. "Hal ini sangat memudahkan manajemen atau pemilik dalam mengambil keputusan strategis," tuturnya.
Zahir, kata dia, bisa digunakan untuk berbagai jenis usaha, temasuk usaha manufaktur. Misalnya, usaha furnitur, pabrik kecap, pabrik tekstil, pabrik mi instan dan produsen barang-barang kebutuhan rumah tangga lainnya. "Dengan menggunakan software Zahir, pengusaha bisa menghitung biaya produksi secara akurat sejak dari bahan baku hingga ongkos kerja, ditambah dengan besarnya margin keuntungan yang akan diambil," paparnya.
Diakui oleh Fadil, masih banyak pelaku usaha di Indonesia, khususnya kalangan UKM, yang masih menganggap investasi di bidang teknologi, termasuk software akuntansi sebagai sesuatu yang mahal. "Sebetulnya harga yang tawarkan relatif sangat bersahabat, apalagi bila dibandingkan dengan software sejenis buatan asing atau impor. Harga Zahir Accounting hanya Rp 1 juta sampai Rp 15 juta,"ujar Fadil.
Meskipun demikian, untuk menjawab kebutuhan konsumen, terutama yang mempunyai budget relatif kecil untuk investasi di bidang teknologi, Zahir menyediakan alternatif lain. "Sejak Desember 2008, kami meluncurkan paket khusus system prabayar (prepaid) yang disebut Zahir Merdeka," kata Fadil.
Dengan menggunakan paket Zahir Merdeka yang memakai system sewa itu, pelaku UKM dapat sangat menghemat pengeluarannya untuk investasi teknologi. "Cukup dengan investasi hanya Rp 137 ribu perbulan, pelanggan mendapat manfaat yang sama dengan membeli software Rp4 juta," papar Fadil.
Direktur PT Zahir Internasional Muhamad Ismail Thalib, mengemukakan, Zahir Merdeka sangat tepat bagi UKM, khususnya ditengah situasi krisis keuangan global yang juga melanda Indonesia saat ini. (fir)

Sumber:
Harian Republika : Edisi 5 May 2009 halaman 14

Comments :

0 komentar to “Zahir Tawarkan Software Industri Manufaktur”

Posting Komentar

 

Visitor